Sejarah

ICMI Orwil Kaltim melalui SK-nya No. 200.P/ICMI-KT/I/1994 tanggal 19 Januari 1994 membentuk Tim perintis SMA Bibit Unggul yang diketuai oleh Bapak Prof. IR H. Rahmad Hernadi, M.Sc. Pada tanggal 15 April 1994 secara resmi Yayasan MELATI didirikan berdasarkan Akte Notaris H. Hardjo Gunawan, SH Nomor : 78.

Yayasan MELATI melalui Badan Pengelola Kampus Melati berupaya untuk memberikan Support System untuk kelancaran penyelenggaraan pendidikan serta pembinaan non-akademis selama berada di asrama.

Setelah sukses mendirikan SMA Negeri 10 Melati dan mengantarkannya menjadi salah satu SMA Unggulan di Propinsi Kaltim bahkan termasuk sekolah yang cukup diperhitungkan dikancah percaturan pendidikan nasional, pada tahun ajaran 2006/2007, Yayasan Melati kembali membuka SMP Unggulan yang diberi nama SMP Plus Melati.

Mengikuti jejak sukses SMA Negeri 10 “Melatiā€œ Samarinda sebagai barometer pendidikan tingkat sekolah menengah umum di Kaltim, maka SMP Plus Melati pun juga diharapkan menjadi barometer pendidikan tingkat sekolah menengah pertama di Kaltim.

Dan pada tahun ajaran 2008/2009 juga telah berdiri dan beroperasional SMK Plus Melati yang membuka 3 buah jurusan yakni Pariwisata, Perhotelan dan TIK, dan selanjutnya akan disusul pendirian MA (Madrasah Aliyah) dan Perguruan Tinggi yang kesemuanya berada dalam satu kompleks pendidikan terpadu Kampus Melati.